love

love

Rabu, 19 Januari 2011

Mengenai modem.....

Modem digunakan untuk merubah data dari bentuk digital ke bentuk analog dan sebaliknya. Kecepatan modem minimal adalah 28800 bps.

Jenis-jenis modem adalah sebagai berikut :
a. Modem Eksternal
    Modem eksternal merupakan modem yang terletak di luar sistem unit komputer. Dengan modem ini komputer dapat terhubung ke internet dan berkomunikasi dengan orang lain di tempat yang berbeda. Kelebihan dari modem eksternal adalah saat memutuskan koneksi internet tidak perlu mematikan komputer tetapi cukup mematikan modemnya saja. Modem eksternal dapat terhubung ke CPU melalui port COM  atau USB. Keunggulan dari modem eksternal adalah portabilitas, sehingga dapat dipindah-pindahkan ke komputer lain. Dengan menggunakan modem eksternal tidak membutuhkan slot ekspansi, sehingga bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Harga modem eksternal relatif mahal jika dibandingkan dengan modem internal.

b. Modem Internal
    Modem internal terpasang langsung di dalam CPU. Modem internal berwujud card yang tertancap pada salah satu slot ekstensi pada mainboard, misalnya pada slot PCI atau ISA. Keuntungan penggunaan modem internal adalah lebih ekonomis karena harganya lebih murah daripada modem eksternal. Modem ini juga tidak membutuhkan tempat yang banyak karena terpasang di dalam komputer. Kelemahan dari modem internal adalah tidak adanya lampu indikator, sehingga lebih sulit mendeteksi statusnya meskipun dapat diamati melalui softwarenya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar